Tiga kepala daerah menggagas pembangunan jalan tol Tarutung-Sibolga yang melintasi kawasan Kabupaten Tapanuli Tengah guna mendukung pengembangan pariwisata Danau Toba yang sudah ditetapkan pemerintah pusat menjadi destinasi wisata nasional dan salah satu dari 10 destinasi wisata baru internasional di Indonesia.

Adapun ketiga Kepala Daerah itu adalah, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan MSi, Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani, dan Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk.

Demikian diungkapkan Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Ahmad Sibarani kepada ANTARA, Sabtu (29/6).

“Kami bertiga sudah membahas bersama tentang pembangunan jalan tol ini. Dan akan kami sampaikan permohonan itu langsung kepada Presiden Joko Widodo. Kami yakin beliau akan memperhatikan pembangunan di daerah kita, karena beliau sudah beberapa kali berkunjung ke daerah-daerah yang dimaksud,” katanya.

Jika pembangun jalan tol ini sudah selesai nantinya, lanjut bupati, maka akan terkonekting (terhubung) pariwisata yang ada di Sibolga-Tapanuli Tengah dengan kawasan Danau Toba.

Kedatangan wisatawan lewat Sibolga-Tapteng termasuk lewat laut sangat berpeluang untuk menuju Danau Toba.

“Dengan kehadiran jalan tol Tarutung-Sibolga nantinya jarak tempuh ke Parapat atau kawasan Danau Toba sekitar 2-3 jam, dan tidak membosankan bagi wisatawan. Selain itu juga, wisatawan bisa melanjutkan kunjungannya ke wisata Bahari di Sibolga-Tapteng, dan sebaliknya,” katanya.

Untuk diketahui, jarak antara Sibolga-Tarutung hanya 66 kilometer, namun harus ditempuh dalam kisaran waktu 2-3 jam.

Hal itu disebabkan kondisi jalan yang banyak tikungan dan curam. Beruntung saat ini sudah terjadi pelebaran dan perbaikan jalan di era kepemimpinan Jokowi.

Dengan hadirnya nanti jalan tol yang menghubungkan ketiga daerah itu, diyakini berdampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

 

Sumber: https://nababan.wordpress.com/

Pewarta : Jason Gultom
Editor: Juraidi

Author: dKaldera

Geologist like travel

Scroll Up