Permandian Kolam Air Soda Parbubu

  • Permandian-Air-Soda-Sirara
  • Air-Soda-Sirara-1
  • img_3969
  • Kolam-Mandi-Soda-3
  • mandi-soda

Place Category: AttractionPlace Tags: air soda, Danau Toba, Nature, Permandian, Tarutung and wisata alam

Profile
Profile
Photos
Map
Reviews
Related Listing
  • Mau mandi air soda alami, silahkan nikmati di kota Tarutung tepatnya di sebuah objek wisata pemandian air soda Sirara. Kota Tarutung adalah ibukota di Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara yang berada di dataran tinggi antara 300-1500 m dari permukaan laut. Tarutung dikenal sebagai kota durian dan kota wisata rohani. Tarutung disebut sebagai kota Durian, karena daerah ini menjadi salah satu tempat penghasil buah durian Medan yang terkenal dan menjadi pusat perdagangan buah durian sejak masa kolonial Belanda.

    Tarutung dikenal juga sebagai kota wisata rohani, di Kecamatan Tarutung terdapat sebuah salib raksasa yang merupakan simbol kerohanian dari umat Kristen. Salib Kasih Siatas Barita, monumen salib raksasa untuk mengenang penyebaran dari ajaran kitab Injil.

    Dan ada satu lagi objek wisata yang menarik di Tarutung yaitu Air Soda Sirara Tarutung atau pemandian air soda alami. Pemandian ini memiliki sesuatu yang khas karena airnya yang benar-benar mengandung soda alami yang keluar dari dalam bumi. Air soda alami seperti ini diketahui hanya dapat ditemukan di dua tempat, yaitu di Venezuela dan di Tarutung.

    Jika berwisata di pemandian air panas itu sudah biasa, banyak tempat di Indonesia yang memiliki tempat wisata air panas alami.  Namun di Tarutung, tepatnya di Desa Parbubu Anda bisa mandi di Pemandian Air Soda Sirara. Airnya memang mengandung soda mempunyai gelembung-gelembung udara yang keluar dari dalam tanah, aneh tapi nyata.

    Pemandian Air Soda ini juga oleh warga setempat disebut Aek Rara. Sensasi mandi di air soda tentu berbeda dengan pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri, tubuh Anda akan berasa seperti berbusa dan agak hangat. Airnya juga tidak lengket saat tersentuh dengan kulit, terasa sedikit asin dan badan Anda seolah berasa halus dan ringan. Tapi ingat, cipratan airnya bakal membuat mata sedikit perih.

    Sejarahnya air soda di sana pertama kali ditemukan oleh seorang bidan di Tapanuli Utara, O Tobing Sihite. Saat itu dia sedang mencangkul tanah dan tanpa sengaja keluar air dari dalam tanah. Begitu dirasa, ternyata air ini berbeda dengan rasa dan aroma yang mirip dengan soda. Kemudian di tahun 2004, Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara meresmikan kolam air soda ini menjadi salah satu objek wisata.

    Sambil merasakan mandi di air soda, Pemandian Air Soda ini juga berbatasan langsung dengan hamparan persawahan yang dikelilingi perbukitan Rura Silindung (Lembah Silindung). Pemandangan hijaunya sangat menyejukkan mata.

    Pemandangan Rura Silindung latar belakang pemandian soda

    Jadi, kapan Anda bakal berendam di air soda yang hanya ada di Tapanuli Utara ini?

  • No Records Found

    Sorry, no records were found. Please adjust your search criteria and try again.

    Google Map Not Loaded

    Sorry, unable to load Google Maps API.

  • Leave a Review