Jul
20
Sat
Festival Tumba
Jul 20 – Jul 21 all-day
Festival Tumba

Dari sisi selatan Danau Toba, terdapat tarian yang menjadi media komunikasi sebagai gambaran perasaan suka cita dari masyarakatnya, yaitu Tarian Tumba.

Sejak usia dini anak-anak di Humbang Hasundutan sudah diperkenalkan denagn tarian ini, lengkap dengan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam gerakan dan nyanyian yang syairnya berisikan tentang pesan-pesan alam dan juga lingkungan sekitar.

Martumba pada awalnya diperagakan oleh anak-anak dan juga muda-mudi sebagai tarianmeminta hujan yang dilakukan penuh riang gembira pada waktu malam hari, khususnya pada saat menghabiskan bulan purnama.

Namun kini, Martumba dapat dilakukan kapan saja, sebagai hiburan dan juga dilakukan pada perayaan-perayaan tertentu, bahkan diperlombakan.

Tumba Fest mengemas semangat kegembiraan tersebut menjadi sebuah festival yang mengajak para pengunjung untuk bergembira melaui tarian dan nyayian.

Tumba Fest harus dihadiri oleh Anda yang ingin ikut bergembira merayakan keriangan masyarakat Humbahas.

Sep
11
Wed
Oang Oang Festival
Sep 11 – Sep 12 all-day
Oang Oang Festival

Pesta Orang Oang sejak zama kuno telah displikasikan kepada leluhur suku Pakpak Bharat dalam acara adat Pakpak Bharat, antara lain: pernikahan, kemaangan/kematian atau pesta lain sebagai ucapan syukur. Perayaan Oang Oang diadakan setiap tahun, dan tahun ini berbagai rangkaian acara diadakan seperti: Kompetisi Parsinabul (ada Speakers), Ritual Menggungus Api, Musik Tradisional Kalontang, Tari Kolosal dan Moccak (pencak Silat Pakpak Bharat).

Pesta Oang Oang membawa konteks Acara Budaya yang terasa kental dengan seni budaya lokal khususnya Pakpak Bharat. Puncak acara, wisatawan akan melihat konvoi mobil hias dan parade yang melibatkan seluruh komunitas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan pakaian lokal saat membawa panen. Di akhir perayaan, orang-orang akan makan bersama dengan warga, tamu dan turis. Ini adalah tradisi leluhur turun temurun untuk menjalin persahabatan dan keintiman di antara warga masyarakat.

Scroll Up