Jul
5
Fri
Flower & Fruits Festival
Jul 5 – Jul 7 all-day
Flower & Fruits Festival

Kabupaten Karo yang dikenal sebagai Bumi Turang, yang berarti pertanian berbudaya yang memiliki kekayaan alam pegunungan, buah-buahan segar, dan sayuran (flower & fruit festival).

Bunga dan buah pare konon dipercaya sebagai ritual adat, sebagai ucapan syukur kepada Tuhan atas panen berlimpah.

Wisatawan yang akan merasakan keindahan kota Berastagi, karena kegembiraan masyarakat Karo, rumah dan sekitarnya akan dipandang indah dengan ornamen bunga-bunga dan lambe-lambe (daun aren muda).

Para wanita juga berpakaian sendiri, sambil memamerkan hasil panen bunga, buah dan sayuran di sekitar kota Berastagi.

Wisatawan akan disambut dengan “MEJAUH-JUAH” dengan ramah dan penuh dengan kegembiraan.

Kegembiraan ritual ini juga menampilkan drama teater y=tradisional dan penyenyi “Perkolong-kolong” dan tarian tradisional Karo “Landek”.

Sebagai tanda kegembiraan, tamu dan wisatawan akan diberikan tanaman gratis.

Makanan tradisional seperti kari daging, ikan, ketan, tape, buah-buahan yang akan disiapkan bagi para tamu dan turis.

Jul
20
Sat
Festival Tumba
Jul 20 – Jul 21 all-day
Festival Tumba

Dari sisi selatan Danau Toba, terdapat tarian yang menjadi media komunikasi sebagai gambaran perasaan suka cita dari masyarakatnya, yaitu Tarian Tumba.

Sejak usia dini anak-anak di Humbang Hasundutan sudah diperkenalkan denagn tarian ini, lengkap dengan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam gerakan dan nyanyian yang syairnya berisikan tentang pesan-pesan alam dan juga lingkungan sekitar.

Martumba pada awalnya diperagakan oleh anak-anak dan juga muda-mudi sebagai tarianmeminta hujan yang dilakukan penuh riang gembira pada waktu malam hari, khususnya pada saat menghabiskan bulan purnama.

Namun kini, Martumba dapat dilakukan kapan saja, sebagai hiburan dan juga dilakukan pada perayaan-perayaan tertentu, bahkan diperlombakan.

Tumba Fest mengemas semangat kegembiraan tersebut menjadi sebuah festival yang mengajak para pengunjung untuk bergembira melaui tarian dan nyayian.

Tumba Fest harus dihadiri oleh Anda yang ingin ikut bergembira merayakan keriangan masyarakat Humbahas.

Aug
16
Fri
Gebyar Taput
Aug 16 – Aug 17 all-day
Gebyar Taput

Kabupaten Tapanuli Utara ddalah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara ini beribukotakan Tarutung.

Kota berhawa dingin dan ada sungai yang membelah kotanya. Kota ini adalah juga pusat dari salah satu gereja tertua di Indonesia yakni HKBP, tidak hanya itu Tarutung juga punya Taman Wisata Iman dengan patung Kristus yang besar.

Selain beberapa hal di atas ada beberapa event tahunan menarik untuk dihadiri yaitu pacuan kuda dan motocross.

Pacuan kuda ini meskipun dilaksanakan dalam situasi yang cenderung sangat tradisional tapi semangat kompetisi dalam kebersamaan terlihat sangat dominan, lengkap dengan pelana warna-warni tentu menjadi sebuah pemandangan menatik untuk dikunjungi.

Event motocross yang setiap tahun juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan ini sungguh sangat maskulin, deru suara motor cross bercampur debu dalam balutan udara dingin tentu sangat eksotos dan wajib dijadwalkan untuk dikunjungi.

Aug
26
Mon
Samosir Music International
Aug 26 – Aug 27 all-day
Samosir Music International

Dengan penyelenggaraan yang ke empat kalinya di 2018, event tahunan Samosir Music international membuktikan konsistensinya sebagai event musik yang sukses dan selalu ditunggu penyelenggaraannya.

Ribuan orang datang berkunjung ke Tuktuk Siadong Open Stage di Samosir setiap tahun untuk berkumpul bersama-sama menikmati persembahan musk dari artis-artis lokal, nasional, dan internasional.

Sebagai bagian dari rangkaian Horas Samosir Fiesta, pentas musik ini selalu menampilkan pengisi acara dari berbagai negara di Eropa yang begitu piawai membawakan lagu-lagu Batak dalam penampilannya, berkolaborasi dengan penggiat musik Batak nasional.

Tatanan panggung yang megah, tata suaranya yang berkualitas dan pencahayaan yang spektakuler adalah jaminan kepuasan bagi anda yang penggear musik, terutama musik batak,

Sebeum dan sesudah event sempatkan menginap di akwasan Tuktuk dengan berbagai pilihan akomodasi.

Cafe dan restoran dengan sajian tradisional hingga internasional , buka sepanjang hari hingga malam.

Jadi, kalau inhin melihat bule menyanyikan lagu Batak, datanglah ke Tuk-tuk dan saksikan Samosir Music international. Horas

Sep
6
Fri
Tao Silalahi Art Festival
Sep 6 – Sep 8 all-day
Tao Silalahi Art Festival

Sebagai event untuk segmen milenial, tao Silalahi Art Festival memiliki konsep dan gagasan baru dalam menyediakan alternatif liburan seru, kreatif dan penuh pembelajaran bagi para milenial.

Selain menambah pengetahuan dan memperluas jejaring, festival ini juga sarat akan muatan kelestarian lingkungan dimana para pesertanya diharapkan mempu mengajak siapapun untuk tidak sekedar menikmati lingkungan namun dapat mengupayakan lingkungan tersebut agar tetap terjaga.

pelibatan masyarakat lokal juga dilakukan dengan mengajak anak-anak perkampungan di lokasi festival untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai, menggambar, menyanyi, dan juga baca puisi.

Serangkaian kegiatan dengan mendatangkan juga beberapa pembicara, akan mengisi waktu para milenial selama 3 hari festival dengan kegiatan Workshop Seni, Music Cross Culture, 1000 tenda, Opera Batak, Fun Trip, 3000 Cankir Kopi, festival Lingkungan Hidup, Festival Ekologi dan Senam bersama setiap pagi.

untuk Anda kaum milenial, atur waktu dan ikuti festival ini. Rasakan sensasi malam hari menikmati ikan bakar bersama teman-teman dengan diterangi api unggun di tepi Tao Silalhi.

Sep
13
Fri
Karnaval Pesona Danau Toba
Sep 13 – Sep 15 all-day
Karnaval Pesona Danau Toba

Dua puluh menit dari bandara Internasional Silangit, kota Balige adalah tempat yang tepat sebagai destinasi pertama yang disinggai apabila kita datang ke Danau Toba melalui jalur udara. Ragam kuliner dan Museum Batak TB Silalahi Centre adalah atraksi yang jangan sampai terlewat. Di kota yang sedang terus membangun inilah Karnaval Pesona Danau Toba dihelat sebagai suatu perayaan kemerdekaan negeri, dan menjadi representasi keberagaman suku dan budaya bangsa yang hidup berdampingan sehari-hari.

berbagai komunitas seni budaya dilibatkan untuk bersama-sama menyemarakkan karnaval yang selalu menarik perhatian masyarakat dan pengunjung. Karnaval ini juga bertujuan mempromosikan Danau Toba sebagai salah satu destinasi pariwisata prioritas di Indonesia serta melestarikan keberagaman budaya yang ada dan hidup berinteraksi di Balige. Rangkaian karnava; terdiri dari parade mobil hias, parade kostum karnaval, barisan ibu penghunti tandok, berbagai kesenian tradisional hingga marching band. hadir da nikamti suasana keriangan khas karnaval sembari berbelanja beragam jenis ikan asin danulos di Pasar Onan Balerong Balige.

Sep
14
Sat
Tour de Sinabung VII
Sep 14 – Sep 15 all-day
Tour de Sinabung VII

Potensi Kawasan Danau toba sebagai destinasi sport tourism sangatlah tinggi. Udara sejuk, pemandangan indah dan dibarengi dengan pembangunan atraksi, amenitas dan aksesibilitas di Kawasan, menjadikan berbagai event olahraga yang diselenggarakan sangat diminati oleh para wisatawan. Tour de Sinabung, sebuah event bersepeda yang telah lima kali diselengarakan adalah salah satu contohnya. Konsep wisata jelajah bersepeda gunung dan sepeda onthel yang ditawarkan mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk serta dan jumlah mereka terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai sebuah event komunitas, Tour de Sinabung memiliki penggemar fanatik yaitu komunitas bersepeda di berbagai daerah, yang selalu hadir di setiap penyelenggaraannya. Lokasi Tour de Sinabung VI adalah di Siosar, sebiah wilayah yang menawarkan pemandangan hamparan perbukitan hijau dan langit biru dengan siluet Gunung Sinabung di kejauhan. Tanah Karo yang berbenah telah siap menyambut hangat para pengunjungnya dengan berbagai atraksi wisata. Mari datang bersama keluarga dan teman-teman untuk bersepeda dan berwisata menjelajah Tanah Karo kita.

Dec
9
Mon
Festival Danau Toba
Dec 9 – Dec 12 all-day
Festival Danau Toba

Festival Danau Toba merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga. Cikal bakal event ini adalah Pesta Danau Toba dan dimulai tahun 1980 an dan berubah menjadi Festival Danau Toba pada tahun 2011. Sejak berganti menjadi Festival Danau Toba lokasi pelaksanaan event dilakukan secara bergantian di Kabupaten sekawasan Danau Toba.

Kawasan Danau Toba

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara
(+62 61 452 8436)
sumatra_tourism@yahoo.co.id
disbudpar.sumutprov.go.id

Scroll Up