Menu Close

Calendar

Jun
14
Fri
Toba Caldera World Music Festival 2019
Jun 14 – Jun 16 all-day
Toba Caldera World Music Festival 2019

Festival ini diilhami narasi antara kejadian alam yang melahirkan konstruksi Danau Toba sebagai kawasan kaldera, baik dalam perspektif geologis maupun geo-mitologis, serta ragam ekspresi ritus bebunyian dan gerak tarian yang masih hidup hingga saat ini.

Keterkaitan narasi ini diangkat dan diramu oleh Rumah Musik Suarasama ke dalam suatu festival musik bertemkan “bumi”dan “kebumian”dengan demangat kuta untuk menjaga keberlanjutan alam.

konsep besar dri festival inin adalah sebuah acara tahunan yang menampilkan keaneka ragaman jenis seni musik tradisi dan kontemporer dengan genre world music dari seluruh dunia, dikolaborasi dengan pentas eksibishi bagi kelompok musik tradisi lokal dan edukasi bidaya lewat klinik musik bagi masyarakat lokal.

Festival ini juga menjadi pertemuan berbagai potensi lokal yang ada dan berkembang di Kawasan Danau Toba, mulai dari pameran budaya, pameran kerajiann tangan, pameran industri kreatif serta pasar kuliner.

Musik yang bagus, makanan yang lezat, kerjainan tangan yang unik, dan semangat untuk saling berbagipengalaman baik serta hawa sejuk dan pemandangan indah dari Bukit tarabunga.

Aug
16
Fri
Samosir Music International
Aug 16 all-day
Samosir Music International

Dengan penyelenggaraan yang ke empat kalinya di 2018, event tahunan Samosir Music international membuktikan konsistensinya sebagai event musik yang sukses dan selalu ditunggu penyelenggaraannya.

Ribuan orang datang berkunjung ke Tuktuk Siadong Open Stage di Samosir setiap tahun untuk berkumpul bersama-sama menikmati persembahan musk dari artis-artis lokal, nasional, dan internasional.

Sebagai bagian dari rangkaian Horas Samosir Fiesta, pentas musik ini selalu menampilkan pengisi acara dari berbagai negara di Eropa yang begitu piawai membawakan lagu-lagu Batak dalam penampilannya, berkolaborasi dengan penggiat musik Batak nasional.

Tatanan panggung yang megah, tata suaranya yang berkualitas dan pencahayaan yang spektakuler adalah jaminan kepuasan bagi anda yang penggear musik, terutama musik batak,

Sebeum dan sesudah event sempatkan menginap di akwasan Tuktuk dengan berbagai pilihan akomodasi.

Cafe dan restoran dengan sajian tradisional hingga internasional , buka sepanjang hari hingga malam.

Jadi, kalau inhin melihat bule menyanyikan lagu Batak, datanglah ke Tuk-tuk dan saksikan Samosir Music international. Horas

Sep
11
Wed
Oang Oang Festival
Sep 11 – Sep 12 all-day
Oang Oang Festival

Pesta Orang Oang sejak zama kuno telah displikasikan kepada leluhur suku Pakpak Bharat dalam acara adat Pakpak Bharat, antara lain: pernikahan, kemaangan/kematian atau pesta lain sebagai ucapan syukur. Perayaan Oang Oang diadakan setiap tahun, dan tahun ini berbagai rangkaian acara diadakan seperti: Kompetisi Parsinabul (ada Speakers), Ritual Menggungus Api, Musik Tradisional Kalontang, Tari Kolosal dan Moccak (pencak Silat Pakpak Bharat).

Pesta Oang Oang membawa konteks Acara Budaya yang terasa kental dengan seni budaya lokal khususnya Pakpak Bharat. Puncak acara, wisatawan akan melihat konvoi mobil hias dan parade yang melibatkan seluruh komunitas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan pakaian lokal saat membawa panen. Di akhir perayaan, orang-orang akan makan bersama dengan warga, tamu dan turis. Ini adalah tradisi leluhur turun temurun untuk menjalin persahabatan dan keintiman di antara masyarakat.

Nov
16
Sat
Festival Ya’ahowu
Nov 16 – Nov 20 all-day
Festival Ya’ahowu

Ya’ahowu Festival merupakan event tahunan di Kepulauan Nias yang melibatkan 5 Kabupaten/ Kota di Kepulauan Nias.
Kata Ya’ahowu memiliki makna ungkapan salam damai dan selamat. Nilai luhur kebersamaan dan kedamaian dari makna Ya’ahowu tersebut diangkat menjadi suatu event di Kepulauan Nias