Menu Close

Calendar

Jun
14
Fri
Toba Caldera World Music Festival 2019
Jun 14 – Jun 16 all-day
Toba Caldera World Music Festival 2019

Festival ini diilhami narasi antara kejadian alam yang melahirkan konstruksi Danau Toba sebagai kawasan kaldera, baik dalam perspektif geologis maupun geo-mitologis, serta ragam ekspresi ritus bebunyian dan gerak tarian yang masih hidup hingga saat ini.

Keterkaitan narasi ini diangkat dan diramu oleh Rumah Musik Suarasama ke dalam suatu festival musik bertemkan “bumi”dan “kebumian”dengan demangat kuta untuk menjaga keberlanjutan alam.

konsep besar dri festival inin adalah sebuah acara tahunan yang menampilkan keaneka ragaman jenis seni musik tradisi dan kontemporer dengan genre world music dari seluruh dunia, dikolaborasi dengan pentas eksibishi bagi kelompok musik tradisi lokal dan edukasi bidaya lewat klinik musik bagi masyarakat lokal.

Festival ini juga menjadi pertemuan berbagai potensi lokal yang ada dan berkembang di Kawasan Danau Toba, mulai dari pameran budaya, pameran kerajiann tangan, pameran industri kreatif serta pasar kuliner.

Musik yang bagus, makanan yang lezat, kerjainan tangan yang unik, dan semangat untuk saling berbagipengalaman baik serta hawa sejuk dan pemandangan indah dari Bukit tarabunga.

Jul
20
Sat
Festival Tumba
Jul 20 – Jul 21 all-day
Festival Tumba

Dari sisi selatan Danau Toba, terdapat tarian yang menjadi media komunikasi sebagai gambaran perasaan suka cita dari masyarakatnya, yaitu Tarian Tumba.

Sejak usia dini anak-anak di Humbang Hasundutan sudah diperkenalkan denagn tarian ini, lengkap dengan filosofi-filosofi yang terkandung di dalam gerakan dan nyanyian yang syairnya berisikan tentang pesan-pesan alam dan juga lingkungan sekitar.

Martumba pada awalnya diperagakan oleh anak-anak dan juga muda-mudi sebagai tarianmeminta hujan yang dilakukan penuh riang gembira pada waktu malam hari, khususnya pada saat menghabiskan bulan purnama.

Namun kini, Martumba dapat dilakukan kapan saja, sebagai hiburan dan juga dilakukan pada perayaan-perayaan tertentu, bahkan diperlombakan.

Tumba Fest mengemas semangat kegembiraan tersebut menjadi sebuah festival yang mengajak para pengunjung untuk bergembira melaui tarian dan nyayian.

Tumba Fest harus dihadiri oleh Anda yang ingin ikut bergembira merayakan keriangan masyarakat Humbahas.

Aug
16
Fri
Gebyar Taput
Aug 16 – Aug 17 all-day
Gebyar Taput

Kabupaten Tapanuli Utara ddalah satu dari 33 kabupaten/kota yang ada di Sumatera Utara ini beribukotakan Tarutung.

Kota berhawa dingin dan ada sungai yang membelah kotanya. Kota ini adalah juga pusat dari salah satu gereja tertua di Indonesia yakni HKBP, tidak hanya itu Tarutung juga punya Taman Wisata Iman dengan patung Kristus yang besar.

Selain beberapa hal di atas ada beberapa event tahunan menarik untuk dihadiri yaitu pacuan kuda dan motocross.

Pacuan kuda ini meskipun dilaksanakan dalam situasi yang cenderung sangat tradisional tapi semangat kompetisi dalam kebersamaan terlihat sangat dominan, lengkap dengan pelana warna-warni tentu menjadi sebuah pemandangan menatik untuk dikunjungi.

Event motocross yang setiap tahun juga dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari Kemerdekaan ini sungguh sangat maskulin, deru suara motor cross bercampur debu dalam balutan udara dingin tentu sangat eksotos dan wajib dijadwalkan untuk dikunjungi.

Samosir Music International
Aug 16 all-day
Samosir Music International

Dengan penyelenggaraan yang ke empat kalinya di 2018, event tahunan Samosir Music international membuktikan konsistensinya sebagai event musik yang sukses dan selalu ditunggu penyelenggaraannya.

Ribuan orang datang berkunjung ke Tuktuk Siadong Open Stage di Samosir setiap tahun untuk berkumpul bersama-sama menikmati persembahan musk dari artis-artis lokal, nasional, dan internasional.

Sebagai bagian dari rangkaian Horas Samosir Fiesta, pentas musik ini selalu menampilkan pengisi acara dari berbagai negara di Eropa yang begitu piawai membawakan lagu-lagu Batak dalam penampilannya, berkolaborasi dengan penggiat musik Batak nasional.

Tatanan panggung yang megah, tata suaranya yang berkualitas dan pencahayaan yang spektakuler adalah jaminan kepuasan bagi anda yang penggear musik, terutama musik batak,

Sebeum dan sesudah event sempatkan menginap di akwasan Tuktuk dengan berbagai pilihan akomodasi.

Cafe dan restoran dengan sajian tradisional hingga internasional , buka sepanjang hari hingga malam.

Jadi, kalau inhin melihat bule menyanyikan lagu Batak, datanglah ke Tuk-tuk dan saksikan Samosir Music international. Horas

Aug
30
Fri
Grand Fondo New York lake Toba 2019
Aug 30 – Sep 1 all-day
Grand Fondo New York lake Toba 2019

Melanjutkan kesuksesan GFNY Indonesia-Samosir 2018, GFNY Indonesia – Lake Toba 2019 menjanjikan antusiasme yang sama.

Trek jalanan dengan banyak tikungan, dengan turunan dan tanjakan yang menantang, menjadikan trek bersepeda di Pulau Samosir begitu dirindukan oleh para peserta GFNY seri sebelumnya.

bentang alam yang memukai dimana terdapat deretan perbukitan dan gunung di satu sisi dan jurang menuju danau disisi lain, menjadikan trek bersepeda di Pulau Samosir begitu eksotis dan menantang bagi para pesepeda, salah satu yang terbaik di Indonesia.

Ditambah lagi, dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut, membuat udara di sepanjang trek begitu sejuk dan cuaca yang tidak terlalu panas, sangat disukai oleh para pesepeda.

Rute panjang 152 km dengan tanjakan sejauh 2066 meter atau rute 80 km disertai dengan tanjakan sejauh 684 meter, dengan jalan yang mulus menunggu kejadiran anda para pesepeda.

bawalah serta keluarga anda karena akan ada beberapa sub event yang akan diselenggarakan di lokasi, seperti festival kuliner dan pertunjukan seni.

persiapkan diri Anda dan ikuti GFNY Indonesia – Lake Toba 2019.

Sep
6
Fri
Tao Silalahi Art Festival
Sep 6 – Sep 8 all-day
Tao Silalahi Art Festival

Sebagai event untuk segmen milenial, tao Silalahi Art Festival memiliki konsep dan gagasan baru dalam menyediakan alternatif liburan seru, kreatif dan penuh pembelajaran bagi para milenial.

Selain menambah pengetahuan dan memperluas jejaring, festival ini juga sarat akan muatan kelestarian lingkungan dimana para pesertanya diharapkan mempu mengajak siapapun untuk tidak sekedar menikmati lingkungan namun dapat mengupayakan lingkungan tersebut agar tetap terjaga.

pelibatan masyarakat lokal juga dilakukan dengan mengajak anak-anak perkampungan di lokasi festival untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti lomba mewarnai, menggambar, menyanyi, dan juga baca puisi.

Serangkaian kegiatan dengan mendatangkan juga beberapa pembicara, akan mengisi waktu para milenial selama 3 hari festival dengan kegiatan Workshop Seni, Music Cross Culture, 1000 tenda, Opera Batak, Fun Trip, 3000 Cankir Kopi, festival Lingkungan Hidup, Festival Ekologi dan Senam bersama setiap pagi.

untuk Anda kaum milenial, atur waktu dan ikuti festival ini. Rasakan sensasi malam hari menikmati ikan bakar bersama teman-teman dengan diterangi api unggun di tepi Tao Silalhi.

Sep
11
Wed
Oang Oang Festival
Sep 11 – Sep 12 all-day
Oang Oang Festival

Pesta Orang Oang sejak zama kuno telah displikasikan kepada leluhur suku Pakpak Bharat dalam acara adat Pakpak Bharat, antara lain: pernikahan, kemaangan/kematian atau pesta lain sebagai ucapan syukur. Perayaan Oang Oang diadakan setiap tahun, dan tahun ini berbagai rangkaian acara diadakan seperti: Kompetisi Parsinabul (ada Speakers), Ritual Menggungus Api, Musik Tradisional Kalontang, Tari Kolosal dan Moccak (pencak Silat Pakpak Bharat).

Pesta Oang Oang membawa konteks Acara Budaya yang terasa kental dengan seni budaya lokal khususnya Pakpak Bharat. Puncak acara, wisatawan akan melihat konvoi mobil hias dan parade yang melibatkan seluruh komunitas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, dengan pakaian lokal saat membawa panen. Di akhir perayaan, orang-orang akan makan bersama dengan warga, tamu dan turis. Ini adalah tradisi leluhur turun temurun untuk menjalin persahabatan dan keintiman di antara masyarakat.

Sep
14
Sat
Tour de Sinabung VII
Sep 14 – Sep 15 all-day
Tour de Sinabung VII

Potensi Kawasan Danau toba sebagai destinasi sport tourism sangatlah tinggi. Udara sejuk, pemandangan indah dan dibarengi dengan pembangunan atraksi, amenitas dan aksesibilitas di Kawasan, menjadikan berbagai event olahraga yang diselenggarakan sangat diminati oleh para wisatawan. Tour de Sinabung, sebuah event bersepeda yang telah lima kali diselengarakan adalah salah satu contohnya. Konsep wisata jelajah bersepeda gunung dan sepeda onthel yang ditawarkan mampu menarik wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk serta dan jumlah mereka terus meningkat dari tahun ke tahun.

Sebagai sebuah event komunitas, Tour de Sinabung memiliki penggemar fanatik yaitu komunitas bersepeda di berbagai daerah, yang selalu hadir di setiap penyelenggaraannya. Lokasi Tour de Sinabung VI adalah di Siosar, sebiah wilayah yang menawarkan pemandangan hamparan perbukitan hijau dan langit biru dengan siluet Gunung Sinabung di kejauhan. Tanah Karo yang berbenah telah siap menyambut hangat para pengunjungnya dengan berbagai atraksi wisata. Mari datang bersama keluarga dan teman-teman untuk bersepeda dan berwisata menjelajah Tanah Karo kita.

Sep
22
Sun
Samosir Lake Toba Ultra 2019
Sep 22 all-day
Samosir Lake Toba Ultra 2019

The Fourth SAMOSIR LAKE TOBA ULTRA 2019 will be held on 21 September 2019. The race will be the 5 km, 10km, 25km and 50 km and having course that will take runners around the largest caldera TOBA lake, through many traditional villages, past the beauty of samosir ancient places and some of the most beauty and stunning scenery in Indonesia.

A spectacular course will also take runners through places of traditional cultural BATAK TOBA people, the most popular people of Samosir Island.

A total of 1500 participants, including over 100 international athletes and many of the world’s best runners, will run the race of their lives on Samosir Island, one of beauty places in Indonesia, another alternative race for runners in Indonesia to be considered. Lake TOBA and Samosir Island are located in high elevation area, so it will be race in mountain area and beach area in one place. It is one pack race – mountain and beach race.

Runners who like “the most popular fruit, DURIAN, will get the FRUIT in Medan area, the capital city of NORTH SUMATERA.

Category Start Time COT
5 KM 06.00 AM 1.5 Hours
10 KM 05.50 AM 2.5 Hours
25 KM 05.40 AM 4.5 Hours
50 KM 05.30 AM 9 Hours
EVENT DETAILS
  • Start Date
    September 22, 2019 05:00
  • End Date
    September 22, 2019 15:00
  • Location
    Samosir
  • Organizer
    Running Explorer